Sabtu, 15 Januari 2011

ATHTHAR AN-NISABURI

Kendati Aththar merupakansalah seorang guru Sufi besardalam literatur klasik, danpengilham ar-Rumi, dongengdan ajaran-ajaran guru-guruSufi dalam karyanyaMemorials of the Saints, harusmenunggu hampir tujuhsetengah abad untukditerjemahkan dalam bahasaInggris. Pesatnya ketertarikandunia Barat terhadap Sufisme,juga dipengaruhi oleh pertapaHindu Dr. Bankey Behari yangtelah menerbitkan enampuluhdua seleksi dari buku ini tahun1961.Aththar menulis sekitarseratus empatbelas buku,beberapa buku-buku Sufi yangpaling masyhur Divine Book,Parliament of the Birds danBook of Counsel.Ajaran-ajarannya banyakdisertai gambaran-gambaranbiografi, fabel, pepatah danapologi, yang tidak hanyamengandung ajaran moraltetapi kiasan-kiasan yangmenggambarkan tentangtahap-tahap khususperkembangan manusia.Misalnya dalam Parliament ofthe Birds, ia membuat sketsatahap-tahap individual dalamkesadaran manusia, meski halini direpresentasikan sebagaikejadian terhadap individuyang berbeda atau terhadapsuatu komunitas seluruhnya.Aththar menggunakan temasuatu ‘perjalanan’ atau‘pencarian’ sebagai analogidari tahap-tahap keberhasilanjiwa manusia dalam mencarikesempurnaan.Menolak untuk menerimatanda jasa dari kaki tanganpenjajah Mongolia, di AsiaTengah, ia dilaporkan wafat ditangan tentara Jengis Khan,setelah membubarkan murid-muridnya –mengirim merekake tempat-tempat aman–ketika ia memprediksi invasiMongol pada abadketigabelas.Tradisi-tradisi Sufismemenegaskan bahwa karyaAththar sangat pentingkarena, membaca secarakeseluruhan, membantumenegakkan struktur sosialdan standar etika Islam;sementara seleksi-seleksikhususnya mengandungmateri inisiator yangtersembunyi oleh bagian-bagian teologikal yang berat.JAWABAN YESUSBeberapa orang Israelmencaci Yesus suatu hari,ketika dia berjalan melintasibagian kota mereka.Tetapi ia menjawab denganmengulang doa atas namamereka. Seseorang berkatakepadanya:“ Engkau berdoa untuk orang-orang ini, tidakkah engkaumerasa marah kepadamereka ?”Ia menjawab:“ Aku hanya dapatmembelanjakan apa yang adadalam dompetku. ”HATISeseorang menghampiri oranggila yang sedang menangisdalam kesedihan yangmemilukan.Ia bertanya:“ Mengapa engkau menangis?”Orang gila menjawab:“ Aku menangis untuk menarikbelas kasihan hati-Nya.”Yang lain berkata kepadanya:“ Ucapanmu bohong, karenaDia tidak memiliki hatilahiriah. ”Orang gila menjawab:“ Engkaulah yang salah,karena Dia pemilik seluruhhati yang ada. Melalui hatiengkau dapat berhubungandengan Tuhan. ”DITAWARI DERMA YANGTIDAK DAPAT DITERIMAApa! Akan kau berikansejumlah uang(Yang akan) menghapusnamaku dari Daftar KaumDarwis?DONGENG FAZL-RABBISuatu hari seorang tua yangkikir pergi menjeguk Fazl-Rabbi, untuk membahasbeberapa hal.Karena lemah dan gelisah,orang tua ini menusukkantongkat besinya ke luka dikaki Fazl-Rabbi.Mendengar dengan sopan, apapun yang dikatakan oleh siorang tua, Fazl-Rabbi tidakberkata-kata, kendati iamenjadi pucat dan kemudianmemerah, karena lukanyaterasa sakit dan besi tersebuttetap menancap di kakinya.Kemudian, ketika yang lainnyatelah menyelesaikanurusannya, ia mengambilselembar kertas darinya danmenandatanganinya.Ketika orang tua itu sudahpergi, ia senang karenaberhasil dalam ketekunannya,Fazl-Rabbi membiarkan dirinyaroboh.Salah seorang bangsawanyang hadir mengatakan:“ Tuanku, Anda duduk di sanadengan darah mengucur darikaki Anda, dan orang tua itumenusuknya dengan tongkatbesinya, dan Anda sama sekalitidak berkata apa pun. ”Fazl-Rabbi menjawab:“ Aku sama sekali tidakmemberi tanda kesakitan,karena Aku takut kalauketakutannya mungkinmenyebabkan ia bingung, danbahwa ia mungkinmenyerahkan ketekunannyakarena bantuanku. Kasihansekali dia, bagaimana akudapat menambah masalahnyadengan cara demikian ?”Jadilah manusia sejati:mempelajari kebangsawanandari pemikiran dan tindakan,seperti Fazl-Rabbi.BUDAK TANPA MAJIKANBerkelana dengan jubahtambalan, wajahnyamenghitam karena matahari,seorang darwis tiba di Kufah,di mana ia berjumpa denganseorang pedagang.Si pedagang berbicarakepadanya, dan memutuskanbahwa ia pasti seorang budakyang tersesat.“ Karena tindak-tandukmuhalus, Aku akanmemanggilmu Khair (bagus).”Katanya, “Engkau bukanbudak?”“Itulah saya,” jawab Khair.“Akan kuantar engkau pulang,dan engkau dapat bekerjauntukku sampai berjumpatuanmu. ”“Saya senang sekali,” ujarKhair, “Karena sudah sangatlama saya mencari tuansaya. ”Ia bekerja beberapa tahunpada orang tersebut, yangmengajarinya menjadipenenun; oleh sebab itu namakeduanya adalah Nassaj(penenun).Setelah layanannya yanglama, merasa bersalah karenaterlalu mengeksploitasinya,pedagang tersebutmengatakan, “Aku tidak tahusiapa dirimu, tetapi sekarangengkau bebas untuk pergi. ”Khair Nassaj, Guru AgungTarekat (Sufi), melanjutkanperjalanannya ke Mekkahtanpa penyesalan karena iatelah menemukan bagaimanamelanjutkanperkembangannya, daripadatanpa memiliki nama dandiperlakukan seperti budak.Ia adalah guru asy-Syibli,Ibrahim Khawwas dan jugaGuru Agung kaum Sufi. Iameninggal lebih dari seributahun yang lalu, di usiaseratus duapuluh.KOTAK AJAIBSuatu ketika seorang laki-lakiingin menjual karpet kasar,dan ia pun menawarkannya dijalan.Orang pertama yang melihatmengatakan:“Ini karpet yang kasar, dansangat usang.” Maka ia punmembelinya sangat murah.Kemudian pembeli tersebutberdiri dan mengatakankepada lainnya yang tengahberjalan:“ Karpet ini lembut bagaisutra, tak ada yang sepertiini. ”Seorang Sufi yang melintasmendengar orang yangmembeli itu dan berusahamenjual barang yang samadengan dua gambaran yangberbeda.Sang Sufi berkata kepada sipenjual karpet:“ Wahai penjual karpet,masukkan aku dalam kotakajaibmu, yang dapatmengubah karpet kasarmenjadi halus, barangkali bisamendatangkan permata !”BULANSang Bulan ditanya:‘ Apa hasratmu yang palingkuat?”Dijawab:“ Kalau Matahari hendakmenghilang, dan tetapterselubung dalam awanselamanya. ”LIMARATUS KEPING EMASSalah seorang pengikut Junaidmengunjunginya dengandompet berisi limaratuskeping emas.“ Apakah engkau memilikiuang lebih dari ini?” tanyasang Sufi. “Ya, saya punya.”“Apakah engkau ingin lebihbanyak?”“Ya, benar.”“Maka engkau harusmenyimpannya, karenaengkau lebihmembutuhkannya daripadaaku; karena aku tidakmemiliki apa pun dan tidakmenginginkan apa pun.Engkau membutuhkannya danselamanya ingin lebihbanyak. ”ORANG GILA DAN MUADZINSeorang muadzin mendakipuncak menara danmengumandangkan adzan.Sementara itu, seorang gilamelintas dan seseorangbertanya kepadanya:“Apa yang dilakukannya disana, di atas menara?”Si gila menjawab:“ Orang di atas itusesungguhnya mengocok kulitkacang yang kosong. ”Ketika engkau mengucapkansembilanpuluh sembilan NamaAllah, maka engkau sepertibermain dengan kulit kacangyang kosong. BagaimanaTuhan dapat dimengertimelalui nama-nama?Karena engkau tidak dapatmengucapkan dalam kata-kata ‘mengenai hakikatTuhan, paling baik tidak usahbicara tentang siapa pun samasekali.(Kitab-Ilahi)KERANGKA RELIGIUSSuatu hari ketika SahabatUmar ra. melihat daripermulaan hingga habissebuah kitab suci Yahudi, NabiMuhammad saw bersabda:“Engkau terlalu sederhanadengan kitab itu. Jika inginmendapat suatu manfaatdarinya, engkau harus menjadiseorang Yahudi. Menjadiseorang Yahudi yangsempurna lebih baik daripadaMuslim yang tidak sempurna;dan membuang-buang waktudengan kitab Yahudi adalahkepalang tanggung dan tidakmemberimu manfaat dengansatu cara atau cara yang lain.Kesalahanmu adalah bahwaengkau tidak melakukansesuatu atau pun lainnyadalam sikap ini. Engkau tidakyakin, sangsi pun engkau jugatidak. Lalu, Bagaimanakeadaanmu ini, Bagaimanadapat digambarkan ?”(Kitab-Ilahi)KISAH NABI MUSA A.S.Suatu ketika Musa a.s.memohon kepada Allah swt.untuk menunjukkankepadanya salah satu sahabatAllah, dan sebuah suaramenjawab:“Pergilah ke sebuah lembahdan di sana engkau akanmenjumpai seorang yangdicintai, orang terpilih, yangmenempuh Jalan(pencapaian )!”Musa pun pergi danmenjumpai orang tersebut,berpakaian compang-camping,dikerubuti berbagai seranggadan binatang melata lainnya.Musa bertanya, “Dapatkahaku membantumu?”Laki-laki tersebut menjawab,“ Utusan Allah, bawakanlahaku secangkir air, karenasangat haus !”Ketika Musa kembali denganmembawa air, ia menemukanlaki-laki tersebut terkaparsekarat. Ia pergi mencaripotongan baju untukmembalutnya. Ketika kembali,ia justru melihat tubuh laki-laki tersebut dilahap seekorsinga padang pasir.Musa sangat tertekan danmenangis:“Engkau Yang Mahaperkasadan Maha Mengetahui, Yangmengubah lumpur menjadimanusia. Sebagian menjadipenghuni Surga, lainnya harusdisiksa, satu bahagia yang lainmenderita. Ini lawan asasyang tidak dapat dimengertioleh siapa pun. ”Kemudian muncul suara daridalam diri Musa:“Orang ini telah bergantungkepada Kami untuk minumdan kemudian berpaling darikepercayaan itu. Iabergantung kepada Musauntuk makanannya, percayapada perantara. Ia telahbersalah karena memintabantuan dari yang lain setelahpuas dengan Kami …”Hatimu senantiasa melekatsendiri dan makin melekatlagi pada keinginan. Engkauharus tahu bagaimanamenjaga hubungan denganasal-usulmu …(Ilahi-Nama)RUH SEBELUM PENCIPTAANTUBUHKetahuilah mengenai waktuketika di sana ada ruh dantanpa tubuh.Inilah masa selama beberapatahun, yang setiap tahunnyasama dengan seribu tahunkita.Ruh-ruh tersebut berbaris.Dunia diperlihatkan kepadamereka. Sembilan darisepuluh ruh berlari menujudunia.Kemudian Surga diperlihatkanpada ruh yang tersisa.Sembilan dari sepuluh ruhberlari menuju Surga.Kemudian Nerakadiperlihatkan kepada ruh yangtersisa. Sembilan dari sepuluhruh berlari menghindarinyadengan ketakutan.Maka tinggallah beberaparuh, mereka yang tidakterpengaruh oleh apa pun.Mereka tidak tertarik padaDunia maupun Surga, jugatidak takut Neraka.Sebuah Suara Semestaberkata pada ruh-ruh yangtinggal tersebut:“Wahai ruh-ruh bodoh, apayang kalian inginkan?”Secara serempak merekamenjawab:“ Engkau mengetahui segalapengetahuan, bahwa Engkau-lah Yang kami inginkan, danbahwa kami tidak inginmeninggalkan KehadiranMu. ”Suara itu berkata:“ Menginginkan Kami penuhbahaya, menimbulkankesulitan dan akibat yangtidak terhitung. ”Ruh-ruh menjawab:“ Dengan senang hati akankami alami apa pun untukbersama-Mu, dan kehilanganapa pun agar kamimendapatkan segalanya. ”(Ilahi-Nama)UJIANBerkait dengan ucapan Syaqiqal-Balkh kepada murid-muridnya:“ Kupertaruhkan Imankukepada Allah, dan pergimengarungi hutan ganasdengan uang sekadarnya disaku. Aku pergi haji danpulang, dan uang receh inimasih ada. ”Salah seorang muridnyaberdiri dan berkata:“ Jika Anda memiliki uangreceh di saku, BagaimanaAnda dapat mengatakan,bahwa Anda menggantungkansegala sesuatu kepada yanglebih Tinggi ?”Syaqiq menjawab:“ Tidak ada lagi yang dapatkukatakan, anak muda inibenar. Ketika engkaumenggantungkan segalasesuatu kepada-Nya, makatidak ada tempat lagi untukapa pun, sekecil apa pun,sebagai suatu perbekalan!”(Kitab-Ilahi)MUHAMMAD, IBNU ISAMuhammad, ibnu Isa, salahseorang sahabat PemimpinUmmat, karenakecerdasannya melebihi yanglain.Suatu hari ia berkudamelintasi jalanan di Baghdad,diiringi pelayan dalam jumlahcukup banyak. Orang-orangpun saling bertanya:“ Siapa laki-laki itu, begitumempesona, kudanya bagus,begitu kaya ?”Dan seorang perempuan tuayang berjalan tertatihdiantara mereka menjawab:“ Itu orang miskin, bukanorang kaya. Karena, jika Allahmeniadakan kesenangannya,ia tidak akan memiliki bendaseperti sekarang. ”Mendengar ini, Muhammadibnu Isa, turun dari kudanyayang sehat dan bagus, danmengakui bahwa memangbegitulah keadaannya.Sejak saat itu ia meninggalkankeinginannya untukmemamerkan kekayaannya.PEMAHAMAN ORANG GILATerdapat orang gila yangtidak ikut ambil bagian dalamjamaah shalat. Di hari Jum ’at,dengan penuh kesulitan,orang-orang membujuknyauntuk hadir.Tetapi ketika sang Imammemulai, orang gila tersebutjustru melenguh seperti lembujantan.Orang-orang menyangkabahwa ia hanya sedangkambuh lagi gilanya, tetapipada saat yang sama inginmembantunya. Sesudah shalatmereka menegurnya:“ Apakah engkau tidak berpikirtentang Allah, engkaubersuara seperti seekorbinatang di tengah-tengahshalat jamaah ?”Si orang gila menjawab:“ Aku hanya melakukan apayang dikerjakan Imam. Ketikaia telah menekankan, iamembeli seekor lembu, makaaku pun bersuara sepertiseekor lembu !”Ketika jawaban aneh inidisampaikan kepada sangImam, ia mengakui:“ Ketika aku menyebut AllahuAkbar, aku sedangmemikirkan pertanianku. Danketika sampai padaalhamdulillah, aku berpikirbahwa aku akan membeliseekor lembu. Pada saatitulah aku mendengar suaralenguhan. ”SI KIKIR DAN MALAIKATMAUTSetelah bekerja keras,berdagang dan meminjamkan(uang) si kikir telahmenumpuk harta, tigaratusribu dinar. Ia memiliki tanahluas dan banyak gedung, dansegala macam harta benda.Kemudian ia memutuskanuntuk beristirahat selama satutahun, hidup nyaman, dankemudian menentukanmengenai bagaimana masadepannya. Tetapi, segerasetelah ia berhentimengumpulkan uang, ketikaitu juga muncul Malaikat Mautdi hadapannya untukmencabut nyawanya.Si kikir pun berusaha dengansegala daya upaya, agarMalaikat Maut yang pantangmenyerah itu, tidak jadimenjalankan tugasnya. Iaberkata:“Bantulah aku, hanya tiga harisaja, dan akan kuberikansepertiga hartaku. ”Malaikat Maut menolak, danmulai menarik nyawa si kikir.Kemudian si kikir berkata lagi:“ Jika engkau membolehkanaku tinggal dua hari lagi, akankuberi engkau duaratus ribudinar dari gudangku. ”Tetapi sang Malaikat Mauttidak mau mendengarkannya.Bahkan ia menolak memberitambahan tiga hari demitigaratus ribu dinarnya.Kemudian si kikir berkata:“Tolonglah, kalau begitu beriaku waktu untuk menulissebentar. ”Kali ini Malaikat Mautmengizinkannya, dan si kikirmenulis dengan darahnyasendiri.“ Wahai manusia, manfaatkanhidupmu. Aku tidak dapatmembelinya dengan tigaratusribu dinar. Pastikan bahwaengkau menyadari nilai dariwaktu yang engkau miliki. ”KEPALA KELEDAISeorang bodoh melihat kepalakeledai di atas sebatang kayudi halaman.Ia bertanya, “Apa yang terjadidi sana?”Ada yang menjawab,“ Diletakkan di sana untukmemalingkan mata iblis!”“Engkau ini berotak keledai,dan itulah mengapa engkaumenggantungkan kepalakeledai! Ketika hidupnya, iatidak dapat menghindaribatang kayu yangmemukulnya. Sekarang,ketika mati, bagaimana dapatmenolak mata iblis ?”KEMUSTAHILAN DANKEBODOHANApa yang tampak mustahildan tidak, adalah lebih baikdaripada kebodohan manusiayang menganggapnyamustahil.CAHAYAPecinta (kekasih) sejati akanmenemukan cahaya hanyajika, seperti lilin, dirinyaadalah bahan bakar,membakar dirinya sendiri.UMMAT KRISTEN DANMUSLIMSuatu ketika, seorang Kristenmenjadi Muslim. Keesokannyaia telah mulai minum anggur.Dalam keadaan mabuk,ibunya datang dan berkata:“ Anakku, apa yang engkaukerjakan? Bertingkah dalamcara seperti ini engkau telahmenolak Yesus, dan jugagagal menyenangkanMuhammad. Tetaplah berpijakpada keyakinanmu! Tidakseorang pun dapat menjadimanusia dan menyembahberhala sama baikmempertahankan keyakinanlain. ”POHON TIDAK MENYADARIAKAN KEADAANNYASuatu hari seorang laki-lakimenebang pohon. SeorangSufi yang melihatnya,mendekat dan berkata:“ Lihatlah cabangnya yangsegar ini, penuh dengangetah, bahagia karena iabelum tahu kalau dipotong.”“Barangkali memang tidakdiketahui kerusakan akanmembuatnya menderita,tetapi akan mengetahui padawaktunya. ”“Sementara itu, engkau tidakdapat menalarnya.”Pemotongan ini,ketidaktahuan ini, inilahkeadaan manusia.ANAK PANAHKetika anak panah lepas daribusurnya, mungkin melesatlurus, mungkin pula tidak,sesuai kehendak pemanahnya.Betapa aneh, bahwa ketikaanak panah melesat tanpamelenceng, tergantung padakeahlian pemanah: tetapi jikakeluar dari kebenaran,merupakan anak panah yangmenerima perintah keliru!RAJA MAHMUD DAN BUNCISSuatu hari, Raja Mahmud yangperkasa dari Ghazna pergiberburu, ia terpisah darikelompoknya. Ia kemudianmendatangi asap yang berasaldari sebuah api kecil, di manaia juga menemukanperempuan tua denganbelanganya.Raja Mahmud berkata:“ Hari ini engkau mendapattamu seorang raja, apa yangengkau masak di atas apimu ?”Perempuan tua itu menjawab,“ Ini rebusan buncis.”Raja Mahmud bertanya,“ Wahai perempuan tua,maukah engkau memberikusedikit ?”“Tidak,” jawab perempuan itu,“Karena ini hanya untukku.Kerajaanmu tidak berhargasebagaimana buncis-buncis ini.Engkau boleh sajamenginginkan buncisku, tetapiaku tidak menginginkan apapun yang engkau miliki.Buncis-buncisku bernilaiseratus kali lipat daripadasemua milikmu. Lihat musuh-musuhmu, yang berusahamengambil alih milikmu. Akubebas, dan memiliki kacangbuncisku.”Mahmud yang perkasamemandang pemilik kacangtersebut, memikirkankekuasaannya yangdipersengketakan, danmenangis.KETIDAKSADARANEngkau tidak tahu apa puntentang dirimu sendiri danbagaimana keadaannya.Dirimu seperti lilin dalamsarang lebah: apa yangdiketahui, apa yang diketahui,api ataukah selokan?Ketika terpasang di tempatlilin, dan cahayanyaterpancar, barulah diketahui.Sama saja, engkau akanmengetahui dirimu hidupketika engkau mati, danhanya berpikir dirimu hidup.ORANG GILA DAN PEGULATSeorang gila setengah mabukmemanggil pembawa petimati setelah pemakaman.“ Siapa orang yang jatuh dalamcengkeraman kematian ini?”Mereka menjawab, “Hai oranggila, ini jasad juara gulat,pemuda terbaik selamahidupnya. ”Si orang gila menjawab, “Iamati oleh lawan yang perkasa,tak diketahui kalau hal ituakan terjadi padanya. ”DUA CINCINSeorang laki-laki mencintaidua perempuan dengan adil.Mereka berdua memintanyamengatakan siapa diantaramereka yang paling disukai.Laki-laki tersebut minta waktusampai keputusannyadiketahui. Kemudian iamembuat dua cincin, masing-masing sangat mirip. Lalu iamemanggil keduanya danmengatakan, “Orang yangpaling kucintai, dialah yangmengenakan cincin ini. ”INI, JUGA, AKAN BERLALUSeorang raja yang sangatberkuasa, memerintah banyakwilayah, berada dalam posisicemerlang lantaran orang-orang bijak yangdipekerjakannya. Suatu hari iamerasa bingung sendiri danmemanggil penasihatnya.Katanya, “Aku tidak tahusebabnya, tetapi sesuatumendorongku untuk mencaricincin yang memungkinkandiriku menjadikan negarayang tenteram. Aku harusmemiliki cincin itu. Dan cincinini harus dapat membuatkubahagia di kala duka. Padasaat yang sama, jika akumerasa bahagia danmelihatnya, maka cicin itudapat menjadikanku sedih. ”Orang-orang bijak salingberunding, dan merekaberada dalam perenunganyang amat dalam. Akhirnyamereka memutuskan sifat-sifat cincin yang sesuai denganraja mereka. Cincin yangdirancang itu, bertuliskansebuah legenda: Ini, juga,Akan Berlalu.RAJA YANG MERAMALKANMASA DEPANNYASeorang raja yang juga ahliperbintangan meramalbintangnya, bahwa pada haridan jam tertentu malapetakaakan mendekatinya.Ia kemudian membangunrumah batu yang kuat, danmenempatkan beberapapenjaga di luar.Suatu hari, ketika berada didalamnya, ia sadar bahwamasih dapat melihat cahaya(siang). Ia menemukan lubangyang kemudian ditutupnyapula, untuk mencegahkemalangan masuk. Denganmenutup pintu, menjadikandirinya sendiri tawanandengan kedua tangannyasendiri. Dan karena itu, sangraja pun meninggal dunia.RUANG INIPada dinding dalamlengkungan tekkia di gedungmeditasi Aththar yangbersambungan, tertulis kata-kata:“ Disediakan untuk Orang Bijak(Hakim) Tamtim.”Syeikh Aththar menyuruhmurid tertuanya untukmeneliti sikap semuapendatang baru terhadappersembahan tersebut.Ia menggambarkan bahwasemua yang memberikantanggapan dalam caratertentu, akanmengembangkan kekuatanmistik secara benar dancepat; dan yang mengatakanatau melakukan sesuatu akanpergi atau harus disuruhpergi.Aththar tidak pernahmenanyakan kepadamuridnya, pelamar mana yangbersikap demikian. Tetapimereka meneliti, selamabertahun-tahun, hasilnyasesuai yang digambarkan.Suatu hari ia ditanya,mengapa meninggalkanpersembahan tersebut disana. Jawabnya, “Untukmenunjukkan mereka yangtidak tanggap, dan tampaknyatidak cukup menunjukkantentang pengalaman-pengalaman tertentu, akanmengkhianati kemampuan diriatau tidak mencukupi, padaseseorang yang tahubagaimana membuat suatuujian. ”Jalan Sufi: Reportase DuniaMa ’rifat oleh Idries ShahJudul asli: The Way of the Sufi,Penterjemah Joko S. Kahhardan Ita MasyithaPenerbit Risalah Gusti,Cetakan Pertama Sya ’ban1420H, November 1999Jln. Ikan Mungging XIII/1,Surabaya 60177Telp.(031) 3539440 Fax.(031)3529800



JADI YANG PERTAMA COMMENT


Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

"Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui" Surah : Al-Baqarah 2:22